Kamis, 13 Agustus 2015

BUMI KARTINI JEPARA BUKAN HANYA KOTA UKIR, TAPI KAYA JUGA TEMPAT PARIWISATANYA.

Taman Nasional Karimunjawa merupakan gugusan kepulauan berjumlah 27 pulau yang terletak di Laut Jawa, mempunyai luas 111.625 Ha. Taman Nasional Karimunjawa ditetapkan sebagai Cagar Alam Laut melalui SK Menhut No.123/Kpts-II/1986 kemudian pada tahun 1999 melalui Keputusan Menhutbun No.78/Kpts-II/1999 Cagar Alam Karimunjawa dan perairan sekitarnya seluas 111.625 Ha di ubah menjadi Taman Nasional dengan nama Taman Nasional Karimunjawa. Tahun 2001 sebagian luas kawasan TN Karimunjawa seluas 110.117,30 Ha ditetapkan sebagai Kawasan Pelestarian Alam Perairan dengan Keputusan Menhut No.74/Kpts-II/2001.
Taman Nasional Karimunjawa merupakan gugusan 27 buah pulau yang memiliki tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah,padang lamun,algae,hutan pantai, hutan mangrove, dan terumbu karang. Jenis terumbu karang di TN Karimunjawa merupakan terumbu karang pantai/tepi (fringing reef).
Kekayaan jenisnya mencapai 51 genius,lebih dari 90 jenis karang keras dan 242 jenis ikan hias. Dua jenis biota yang dilindungi adalah akar bahar/karang hitam (Antipates spp) dan karang merah (Tubipora musica). Biota laut lainnya yang dilindungi seperti kepala kambing (Cassis cornuta) Triton Terompet (Charonia Tritonis), nautilus berongga ( Nautilus pompilius), batu laga ( Turbo marmoratus ) dan 6 jenis kima.
Di sekitar Pulau Kemujan terdapat bangkai kapal Panama Indono yang tenggelam pada tahun 1955, dimana pada saat ini menjadi habitat ikan karang dan cocok untuk lokasi penyelaman (Wreck diving). Dari gugusan pulau - pulau yang berjumlah 27 buah, lima buah pulau diantaranya telah berpenghuni yaitu pulau Karimunjawa, Pulau Kemujan, Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Genting. Pulau Karimunjawa menjadi pusat kecamatan yang berjarak 83 km dari Kota Jepara (Pusat pengrajin ukiran kayu yang terkenal di Indonesia).
AKSES MENUJU PULAU KARIMUNJAWA
Dapat menggunakan 2 alternatif jalur perjalanan dari laut atau udara. Transport udara ditempuh melalui Bandara Ahmad Yani Semarang menuju Bandara Dewadaru. Sedangkan transportasi laut dapat ditempuh menggunakan kapal Siginjai waktu tempuh 4 jam,KMC Bahari Expres tempuh 2 jam, Kapal Kartini waktu tempuh 3.5 jam dari pelabuhan Kartini Jepara.
WISATA KULINER & CINDERAMATA
Pulau Karimunjawa juga menyediakan makanan - makanan yang pastinya menggoda selera makan anda. Salah satunya adalah makanan BROYO, Broyo adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang - kacangan. Makanan ini hanya ada di Karimunjawa dan rasanya pun berbeda daripada yang lain. Berbagai jenis barang kerajinan yang sebagian besar terbuat dari kayu - kayu langka seperti kayu Setigi,Dewadaru,Kalimasada merupakan keunikan tersendiri yang ada di Karimunjawa.
Hotel & Penginapan yang asri dan nyaman siap menerima anda dengan berbagai fasilitas menarik yang hanya ada di pulau Karimunjawa.
Anda tertarik...silahkan berhubungan dengan INFO MEDIA NASIONAL NEWS : 081310606623 - 089625672771 (Alex Suherman).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar