Senin, 12 Oktober 2015

KH.Abdul Hadi (Pekayon) Sekilas Pandang Terhadap "W A Y A N G"

                                                                  KH.Abdul Hadi

Info Media Nasional News - WAYANG…merupakan kebudayaan.
Wayang juga adalah sebuah cerita yang identik dengan kehidupan manusia yang penuh dengan lelakon. Sunan Kalijaga mempergunakan wayang sebagai alat dakwah agama Islam ditanah Jawa.Ketika Sunan Kalijaga dikasih kulit dan pisaunya Nabi Haidir oleh Sunan Bonang,pertama yang dibuat oleh beliau adalah wayang. Kurang lebihnya bisa kita jabarkan satu persatu sebagi berikut.


  1. Adalah Airjuna dalam pewayangan disebut Arjuna, yang artinya manusia terlahir dari AIR.
  2. Ketika ingin mencapai tujuan yang baik dan enak, dalam pewayangan ada yang namanya Janaka, yang artinya Jannah (Syurga).
  3. Untuk mencapai Syurga dalam pewayangan ada yang namanya Samiaji yang artinya ayo sama- sama kita mengaji.
  4. Selanjutnya adalah Semar, yang artinya hidup jangan hanya samar – samar harus punya pendirian yang kuat dan kokoh.
  5. Kita harus bisa menjadi seperti pangeran Baladewa, ketika kita punya pendirian yang kuat dan kokoh, otot kawat tulang besi tapi kita jangan mempunyai sifat sombong dan kita harus NGACA.
  6. Seperti Gatotkaca .
  7. Karena kita pastinya punya lawan nantinya, yaitu yang namanya
  8. DURNA ( Dorongan Nafsu ) Karena Durna bersahabat dengan
  9. Sangkuni dorongannya nafsu Sangkahuni sangkaku nikmat.
  10. Krisna yang bisa diartikan kita harus selalu mencintai terhadap sesama dengan rasa Trisna asih terhadap semua ciptaannya.
  11. Adalah lagi satu yang dinamakan Bratasena yang bisa di artikan adalah SENA adalah uang atau harta kekayaan, kalau jadi pejabat jangan hanya pada cari duit melulu, ibadah dibanyakin brantas itu korupsi dan lain – lain.
  12. Kalau jadi pemimpin haruslah mempunyai sifat yang seia sekata sperti dengan tokoh dalam pewayangan yang namanya Nakula Sadewa yang bisa diartikan mulut dan hati kita harus sama seia dan sekata sejalan pikiran dengan tindakan.
  13. Tapi kebanyakan manusia sampai hari ini masih memakai ilmunya DURSASANA (Durhaka sana – sini). Durhaka terhadap Allah, Malaikat, Nabi, Orang tua, istri dan lain – lain.
  14.  Yang terkahir adalah Antareja artinya ketika kita mati nanti akan di anter yang lazim disebut dengan yang namanya KUBURAN.

Oleh sebab itu marilah kita sama – sama memaknai dari salah satu kebudayaan kita yang disebut Wayang tersebut dengan nilai – nalai filosofinya hingga kita Insya Allah dijauhkan dari sifat-sifat sombong ( Alex )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar