Suasana di salah satu TPS di Denpasar, Bali, dalam pilkada serentak, Rabu 9 Desember 2015.
Suasana di salah satu TPS di Denpasar, Bali, dalam pilkada serentak, Rabu 9 Desember 2015. (SP/Nyoman Mardika)
Info Media Nasional News,Denpasar - Perolehan sementara hasil perhitungan cepat di Bali mulai kelihatan. Dari enam kabupaten di Bali, PDIP berhasil memenangkan jagonya di empat kabupaten ditambah satu kota, sedangkan satu lagi kabupaten direbut Partai Nasdem yang bergabung sama Hanura.
Kemenangan PDIP di empat kabupaten yakni Kabupaten Tabanan, Jembrana, Badung, Kabupaten Bangli dan Kota Denpasar. PDIP sebenarnya berpotensi menyapu bersih karena jagonya yang mestinya dicalonkan di kabupaten Karangasem dilepas dan diambil Partai Nasdem dan Hanura yang justru berhasil memenangkan Pilkada Kabupaten Karangasem.
Sebaliknya kondisi terpuruk dialami partai Golkar karena tidak satupun jagonya berhasil merebut posisi Bupati termasuk di daerah yang mereka jadikan basis. Karangasem yang menjadi basis Golkar akhirnya tumbang. Satu-satunya kabupaten yang dimenangkan Partai Beringin itu adalah Badung, itupun karena berkoalisi dengan PDIP dan hanya menempati posisi wakil bupati.
Dari hasil perolehan sementara, Karangasem, pasangan nomor urut satu yakni I Wayan Sudirta dan Made Sumiati yang diusung oleh PDIP meraih suara 72.000 suara. Nomor urut dua yakni I Gusti Ayu Mas Sumatri-I Wayan Arta Dipta yang diusung oleh Koalisi Karangasem Hebat (KKH) yang terdiri dari Nasdem, Hanura, PKPI, dan Demokrat berhasil merai suara tertinggi yakni 95.000 suara. Sementara di urutan terakhir diraih oleh Made Sukerana-Komang Kisid dari Golkar yakni hanya meraih 65.000 suara.
Sementara Kabupaten Badung kemenangan diraih oleh pasangan dari PDIP yakni Nyoman Giri Prasta-Ketut Suiasa dengan perolehan suara mencapai 60,31%. Sementara lawannya yakni Made Sudiana-Nyoman Sutrisno hanya meraih 39,86%. Untuk Kabupaten Jemberana PDIP mampu meraih 61%, sementara lawannya hanya mencapai 39%.
Kemenangan yang paling signifikan dan telak juga diraih PDIP di Kota Denpasar menjadi basis PDIP. Di Ibu Kota Provinsi Bali ini pasangan PDIP yang merupakan pasangan petahanan Rai Mantra/Jaya Negara mampu meraih suara 82 persen.
Sementara sisanya suara dibagi untuk dua paket lainnya yakni Made Arjaya-AA Ayu Rai Sunasri dan paket lainya dari Gerindra dan Hanura.
Untuk Kabupaten Tabanan, putri mantan Bupati Tabanan Nyoman Adi Wiryatama yakni Eka Wiryastuti menang telak sebanyak 68% dan sisanya dikantongi lawannya Wayan Sarjana yang sebelumnya merupakan Sekretaris DPC Tabanan.
Sedangkan di Kabupaten Bangli calon asal PDIP petahana Made Gianyar unggul dengan paket dari Golkar dan Demokrat yakni Ida Bagus Brahmaputera-Ketut Ridet. Made Gianyar meraih 52 persen suara dan sisanya diraih oleh Brahmaputera-Ridet.
I Nyoman Mardika/Imn.