Cagub Olly Dondokambey (kiri) dan cawagub Steven Kandouw dalam Pilkada Sulawesi Utara.
Cagub Olly Dondokambey (kiri) dan cawagub StevenKandouw dalam Pilkada Sulawesi Utara. (Istimewa)
Info Media Nasional News,Manado - Pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Nomor Urut 1, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw (Olly - Steven) yang diusung PDI Perjuangan unggul sementara dalam rekapitulasi suara di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada pilkada gubernur dan wakil gubernur Sulut, Rabu (9/12).
Di tiga TPS di Kelurahan Mahakeret Barat Manado, Olly - Steven jauh mengungguli pasangan calon (paslon) lainnya yaitu paslon nomor urut 2 yang diusung Partai Demokrat dan Gerindra, Maya Rumantir - Glenny Kairupan (Maya - Glenny) dan nomor urut 3 yang diusung Partai Golkar dan PKS, Benny Mamoto dan David Bobihoe.
Di TPS 6 Kelurahan Mahakeret Barat Manado, Olly-Steven meraup 143 suara, Maya-Glenny 38, dan Benny - David 49, TPS 7 : Olly-Steven 139, Maya-Glenny 41, Benny - David 49, dan TPS 8 Olly-Steven 97, Maya-Glenny 60, Benny-David 12.
Di Kabupaten Minahasa, di TPS 1 Desa Talikuran Kecamatan Kakas, Minahasa, Olly - Steven meraup suara 205, Maya-Glenny 60, Benny-David 12., sedangkan di TPS 1 Desa Pinili Minahasa Utara : Olly-Steven 221, Maya-Glenny 73, Benny - David 139, TPS 2 : Olly-Steven 228, Maya-Glenny 73, Benny - David 139.
Menanggapi hasil sementara itu, cagub Olly Dondokambey menyampaikan terima kasih atas kepercayaan masyarakat Sulut .
Namun demikian, dirinya berharap para pendukungnya dapat menahan diri untuk merayakan kemenangan hingga hasil rekapitulasi KPU Provinsi.
"Kemenangan ini adalah kemenangan masyarakat Sulut. Terima kasih masyarakat Sulut. Marilah kita bersabar menunggu hasil rekapitulasi resmi dari penyelenggara pilkada yaitu KPU Provinsi. Mari kita jaga stabilitas keamanan, kerukunan dan perdamaian di daerah yang kita cintai ini. Torang samua basudara (kita semua bersaudara)," kata Olly di Manado, Rabu sore.
Sementara itu, Penjabat Gubernur Sulut, Soni Sumarsono terus memantau pelaksanaan pilkada dengan meninjau langsung sejumlah TPS di Manado dan sekitarnya.
Soni yang didampingi Forkorpimda Sulut mengapresiasi antusias masyarakat untuk menyalurkan hak pilih mereka.
"Masyarakat Sulut sudah menentukan pilihan mereka untuk memilih pemimpin yang terbaik bagi daerah dan masyarakat," katanya.
Hal yang sama juga dilakukan oleh Penjabat Walikota Manado, Royke Roring yang memonitor perkembangan penghitungan suara di TPS-TPS di kota Manado.
"Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti. Semuanya berjalan lancar,"tambahnya