Selasa, 14 Mei 2013

PEJABAT DI SUMATERA UTARA KENA SASAR TANGKAP TANGAN OLEH KPK


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap beberapa pejabat di Sumatera Utara yang diduga terlibat kasus korupsi, selasa, 14 Mei 2013.

Humas KPK, Johan Budi, membenarkan adanya OTT yang dilakukan oleh timnya di Medan. Namun, dia belum mau memberikan keterangan resmi. Pasalnya, hingga kini laporannya belum diserahkan oleh timnya.

"Benar ada OTT di Medan, tapi tim di Medan belum berikan laporan dan data soal ini. Besok saya janji akan paparkan jika data lengkap sudah kami terima," ujar Johan Budi saat ditanya nama pejabat yang ditangkap oleh pihaknya.

"Kalau yang ditangkap ada, lebih dari satu orang. Tapi tunggu data lengkap semua baru kita beberkan," katanya.

Sebelumnya, KPK melakukan pemeriksaan terhadap beberapa pejabat di sebuah ruangan kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu). Salah satunya adalah petinggi salah satu kabupaten di Sumut, seorang pejabat lainnya, serta dua kontraktor.

KPK hari ini, Selasa, 14 Mei 2013, juga melakukan penggeledahan selama enam jam di rumah Bupati Mandailing Natal Hidayat Batubara di Jalan Sei Asahan Nomor 76, Medan. Disaksikan Kepala Lingkungan setempat, personel Polda Sumut dan beberapa saksi lain, KPK membongkar brankas yang berada di dalam rumah Hidayat Batubara.

"Iya, ada penggeledahan di kediaman Pak Hidayat. Ada brankas dalam lemari yang dibongkar mencari beberapa dokumen penting," ujar Usman kepala lingkungan setempat. Dia juga mengaku diminta hadir untuk menyaksikan pembongkaran brankas tersebut.