Petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus menunjukan kertas surat suara Pilgub Jateng 2013 yang rusak di KPU Kudus, Kudus, Jateng, Jumat (10/5). Data KPU Kudus mencatat, dari 615.459 surat suara Pilgub Jateng yang masuk, 45 surat suara mengalami kerusakan. FOTO ANTARA/Andreas Fitri Atmoko/tom/13. 

IMN News, Solo. Antara Jateng - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Solo, Didik Wahyudiono, mengatakan dari 418.719 surat suara untuk Pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang diterima, sebanyak 20.731 surat suara di antaranya diketahui rusak.

"Surat suara yang kondisinya rusak, sebagian besar disebabkan percikan tinta. Tetapi ada pula yang sobek," kata Ketua KPU Kota Solo, Didik Wahyudiono, di Solo, Rabu.

Ia mengatkan untuk mengetahui jumlah total surat suara yang rusak, sampai saat ini Divisi Logistik KPU Kota Solo masih terus melakukan penyortiran. Dengan kata lain, jumlah 20.731 surat suara yang rusak dimungkinkan masih bisa bertambah lagi. Untuk pengganti yang rusak, KPU Jawa Tengah akan menggantinya.

"Selain penyortiran, KPU Kota Solo juga melakukan pelipatan surat suara. Diperkirakan pada malam hari ini bisa terselesaikan seluruhnya," jelas Didik.

Ia mengatakan bahwa sesuai penyortiran dan pelipatan surat suara, KPU Kota Solo akan melanjutkan dengan pengepakan seluruh logistik pilgub, mulai dari formulir, tinta, surat suara, dan sebagainya. Pihaknya menargetkan pada tanggal 20 Mei 2013 bisa selesai.

"Untuk undangan pemilih, kami targetkan maksimal tanggal 23 Mei 2013 sudah harus diterima calon pemilih. Karena tanggal 26 Mei 2013 adalah hari pencoblosan Pilgub Jawa Tengah," katanya.